LOGO puskesmas suranadi
Beranda > Berita > Sukses! Ini Dia Aksi Bergizi Di Smpn 5 Narmada
Berita Utama

SUKSES! INI DIA AKSI BERGIZI DI SMPN 5 NARMADA

Posting oleh puskesmassuranadilobar - 16 Agu 2023 - Dilihat 543 kali

SURANADI - Anemia merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia yang dapat dialami oleh semua kelompok umur. Menanggulangi hal tersebut, pemerintah telah melakukan berbagai upaya melalui pendidikan gizi seimbang, fortifikasi pangan, dan suplementasi Tablet Tambah Darah (TTD). Kondisi proporsi remaja putri yang mengonsumsi tablet TTD masih yang sangat rendah membuat UNICEF menginisiasi kegiatan Aksi Bergizi dan mulai melaksanakan kegiatan tersebut pada tahun 2018 di Kabupaten Lombok Barat melalui advokasi, mobilisasi sekolah dan masyarakat, koordinasi multi sektor, penguatan kapasitas serta pemantauan dan evaluasi.

Kegiatan Aksi Bergizi dilaksanakan dengan tiga intervensi utama, yaitu (1) Sarapan dan Minum TTD bersama di sekolah/madrasah setiap minggu; (2) Edukasi gizi yang bersifat multi-sektor dengan tujuan mempromosikan asupan makan yang sehat dan aktivitas fisik; serta (3) Komunikasi untuk perubahan perilaku yang relevan dan komprehensif. Implementasi program Aksi Bergizi tentunya diintegrasikan dengan TRIAS UKS, yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sehat.

Oleh karena itu Puskesmas Suranadi tetap berkomitmen mendukung pelaksanaan Aksi Bergizi di Sekolah. Seperti yang tampak pada kegiatan Aksi bergizi di SMP Negeri 5 Narmada pada tanggal 10 Agustus 2023. Kegiatan Aksi Bergizi yang dilaksanakan oleh Kepala Puskesmas Suranadi bersama dengan Petugas Promkes, Petugas gizi dan Petugas UKS. Dukungan dari pihak Sekolah dalam menyukseskan kegiatan Aksi Bergizi sangat luar biasa. Karena memang Kesehatan Remaja/siswa menjadi tanggung jawab kita bersama.

Kegiatan Aksi bergizi diawali dengan senam bersama, kemudian dilanjutkan dengan sarapan bersama. Siswa membawa makanan sendiri dari rumah dengan menu beragam dan seimbang. Usai sarapan kegiatan dilanjutkan dengan minum Tablet Tambah Darah (TTD). Selanjutnya petugas Promkes Ibu Astin Huriani, SKM memberikan informasi kesehatan dalam upaya perubahan perilaku. Dalam penyampaiannya beliau menekankan pentingnya minum tablet Tambah Darah saat usia remaja dalam mencegah anemia.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Puskesmas Suranadi Bapak H. Billia Milkan, SST juga menyampaikan upaya dalam menjaga kesehatan remaja seperti tidak minum minuman keras, menghindari pergaulan bebas serta menjauhi Narkoba. Beliau juga berpesan agar siswa senantiasa berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) baik di Sekolah maupun di Rumah.

Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan dilaporkan secara langsung melalui aplikasi Zoom kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat. Kepala Sekolah dalam pesannya saat memberikan pengarahan kepada siswa menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan Aksi bergizi di SMP Negeri 5 Narmada.

Bersama Puskesmas Suranadi kita Dukung Generasi Muda yang Sehat, Cerdas dan Kuat! 


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *