LOGO puskesmas suranadi
Beranda > Artikel > Ayooo Imunisasi Demi Anak Sehat Dan Kuat
Artikel

AYOOO IMUNISASI DEMI ANAK SEHAT DAN KUAT

Posting oleh puskesmassuranadilobar - 29 Agu 2023 - Dilihat 2.382 kali

Saat ini di Indonesia masih ada anak-anak yang belum mendapatkan imunisasi secara lengkap bahkan tidak pernah mendapatkan imunisasi sedari lahir. Hal itu menyebabkan mereka mudah tertular penyakit berbahaya karena tidak adanya kekebalan terhadap penyakit tersebut. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengubah konsep imunisasi dasar lengkap menjadi imunisasi rutin lengkap. Imunisasi rutin lengkap itu terdiri dari imunisasi dasar dan lanjutan. Imunisasi dasar saja tidak cukup, diperlukan imunisasi lanjutan untuk mempertahankan tingkat kekebalan yang optimal.

Pemberian imunisasi disesuaikan dengan usia anak. Untuk imunisasi dasar lengkap, bayi berusia kurang dari 24 jam diberikan imunisasi Hepatitis B (HB-0), usia 1 bulan diberikan (BCG dan Polio 1), usia 2 bulan diberikan (DPT-HB-Hib 1 dan Polio 2), usia 3 bulan diberikan (DPT-HB-Hib 2 dan Polio 3), usia 4 bulan diberikan (DPT-HB-Hib 3, Polio 4 dan IPV atau Polio suntik), dan usia 9 bulan diberikan (Campak atau MR).Untuk imunisasi lanjutan, bayi bawah dua tahun (Baduta) usia 18 bulan diberikan imunisasi (DPT-HB-Hib dan Campak/MR), kelas 1 SD/madrasah/sederajat diberikan (DT dan Campak/MR), kelas 2 dan 5 SD/madrasah/sederajat diberikan (Td).
Oleh karena itu kami dari UPT Puskesmas Suranadi Peduli akan kesehatan masyarakat dan terus mengajak masyarakat untuk proaktif ikut mendukung imunisasi pada anak-anak. Imunisasi secara rutin dilaksanakan di Posyandu dan Puskesmas Suranadi.

Semoga dengan kesadaran kita bersama memberikan imunisasi rutin lengkap dapat membuat anak-anak menjadi sehat menuju generasi kuat dan cerdas.