LOGO puskesmas suranadi
Beranda > Berita > Pastikan Cegah Dbd, Petugas Turun Cek Jentik Nyamuk
Berita Utama

PASTIKAN CEGAH DBD, PETUGAS TURUN CEK JENTIK NYAMUK

Posting oleh puskesmassuranadilobar - 25 April 2024 - Dilihat 151 kali

Suranadi - Pada hari Kamis, 25 April 2024 telah dilakukan survey jentik berkala oleh petugas Puskesmas Suranadi. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Dusun  Sambik Baru Desa Sesaot. Adapun tujuan dari pelaksanaan survey ini adalah sebagai berikut :  

  1. Untuk memotivasi masyarakat dalam memperhatikan tempat-tempat yang potensial untuk perkembang biakan nyamuk penular DBD. 
  2. Untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam PSN DBD.
  3. Untuk menurunkan populasi nyamuk penular demam berdarah dengue Aedes Aegypti serta jentiknya dengan meningkatkan peran serta masyarakat dalam pemberantasan sarang nyamuk Demam Berdarah dengan PSN DBD ( 3 M Plus ) melalui Juru Pemantau Jentik.

Sedangkan Hasil dari kegiatan pemantauan jentik nyamuk ini adalah sebagai berikut : 

  1. Pemantauan jentik dilakukan dengan cara memeriksa tempat penampungan air dan kontainer yang dapat menjadi habitat perkembangbiakan nyamuk Aedes di dalam dan di luar rumah. untuk mengetahui ada tidaknya jentik jentik Dari 41 rumah.
  2. Dari 41 rumah yang diperiksa Rumah yang positif jentik  6 rumah, sehingga didapatkan ABJ 85% .
  3. Melalui survei jentik diharapkan kejadian DBD dapat dideteksi secara dini, sehingga pemberantasan dan penanggulangan DBD dapat segera dilakukan. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan Cross Sectional.
  4. Memberikan imbauan agar gotong royong membersihkan lingkungan, periksa tempat-tempat penampungan air, Meletakkan pakaian bekas pakai dalam wadah tertutup, Memberikan larvasida pada penampungan air yang susah dikuras

Petugas terus memberikan advokasi agar kegiatan 3 M+  ini terus berlanjut dilaksanakan ditingkat rumah tangga.

PUSKESMAS SURANADI PEDULI

Melayani Dengan Ramah dan Ikhlas


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *