LOGO puskesmas suranadi
Beranda > Berita > Kampanye Frambusia Saat Posyandu Sesaot Lauk
Berita Utama

KAMPANYE FRAMBUSIA SAAT POSYANDU SESAOT LAUK

Posting oleh puskesmassuranadilobar - 27 Feb. 2024 - Dilihat 159 kali

SURANADI - Pada hari ini Sabtu 24 Februari 2024 telah dilaksanakan kegiatan rutin Posyandu di Dusun Sesaot Lauk Desa Sesaot wilayah kerja UPT Puskesmas Suranadi. Pelayanan Posyandu ini bertujuan untuk Pemantauan kesehatan masyarakat. Selain melakukan pengukuran dan pemeriksaan kepada sasaran, tampak Kader dengan penuh semangat juga memberikan penyuluhan kepada orang tua bayi balita tentang pola makan untuk menaikkan berat badan anak. Bayi dan balita juga diberikan imunisasi oleh Vaksinator Puskesmas Suranadi guna membentuk imun anak. Balita juga diberikan Vitamin A.

Sasaran usia produktif dan lansia juga terlihat antusias mengikuti posyandu. Petugas Puskesmas melakukan pemeriksaan kesehatan kepada semua sasaran dan tak lupa memberikan konseling.

Pada kesempatan tersebut Kepala UPT Puskesmas Suranadi turun melakukan kampanye Frambusia. Beliau menyampaikan terkait Eradikasi Frambusia. Eradikasi Frambusia adalah upaya pembasmian yang dilakukan secara berkelanjutan untuk menghilangkan frambusia secara permanen sehingga tidak menjadi masalah Kesehatan masyarakat secara nasional. Frambusia / patek / puru/yaws adalah penyakit menular menahun yang kambuhan, yang terutama menyerang kulit, tulang dan tulang rawan, yang disebabkan oleh bakteri Treponema pertenue. Penularan frambusia pada suatu populasi dapat terhenti apabila setiap anggota penduduk melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) terutama menjaga kebersihan individu seperti mandi menggunakan air dan sabun.

Sementara di Ruangan yang berbeda Bidan Desa melakukan pemeriksaan kepada Ibu hamil serta tak lupa memberikan pesan yang bermanfaat untuk kehamilan. Setelah pelayanan selesai kader bersama dengan petugas puskesmas melakukan evaluasi dan validasi data posyandu. Pada kesempatan tersebut Petugas Promkes juga memberikan penyuluhan kepada sasaran, selain itu kader diberikan pembinaan terkait pelaksanaan posyandu tahun 2024.

Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan..Aamiin


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *