LOGO puskesmas suranadi
Beranda > Berita > Puskesmas Suranadi Wujudkan Fasyankes Yang Ramah Anak
Berita Utama

PUSKESMAS SURANADI WUJUDKAN FASYANKES YANG RAMAH ANAK

Posting oleh puskesmassuranadilobar - 19 Juli 2022 - Dilihat 73 kali

Selasa, 19 Juli 2022

Dikutip dari halaman website https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/2952/kemen-pppa-dorong-pelayanan-ramah-anak-di-puskesmas bahwa Pelayanan Ramah Anak di Puskesmas (PRAP) telah disosialisasikan ke seluruh provinsi di Indonesia sejak 2015. Hingga kini Puskesmas yang sudah menerapkan PRAP mencapai 1.952 Puskesmas di 195 kab/kota di 34 provinsi di Indonesia. Seperti yang kita ketahui, PRAP merupakan salah satu pendukung untuk mewujudkan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA). 

Demi meningkatkan jumlah Puskesmas yang menerapkan PRAP, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Konvensi Hak Anak (KHA) dan PRAP yang dilaksanakan secara virtual pada 10-11 November 2020. Bimtek ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan kapasitas para tenaga kesehatan di Puskesmas sekaligus menguatkan sinergi antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di daerah, terutama Puskesmas yang belum menginisiasi PRAP dan Puskesmas yang pelaksanaan layanannya belum memenuhi indikator PRAP.

“Puskesmas yang memberikan pelayanan yang ramah anak akan menjadi salah satu daya ungkit untuk mewujudkan KLA. Kami berharap pada 2030 semua unit Puskesmas menjadi Puskesmas Ramah Anak, sehingga upaya mewujudkan Indonesia Layak Anak (IDOLA) akan terlaksana,” ujar Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kemen PPPA, Lenny N Rosalin.

Oleh karena itu UPT Puskesmas Suranadi berkomitmen tinggi dalam mendukung terwujudnya Puskesmas yang ramah Anak. Selain sudah tersedianya pojok ASI, poli khusus Anak, di UPT Puskesmas Suranadi juga saat ini tersedia taman bermain yang aman dan nyaman untuk Anak-anak.

Berikut foto dokumentasi taman bermain Anak yang tersedia di halaman depan UPT Puskesmas Suranadi :


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *