LOGO puskesmas suranadi
Beranda > Berita > Cegah Penyebaran Tb, Ini Yang Dilakukan Upt Puskesmas Suranadi
Berita Utama

CEGAH PENYEBARAN TB, INI YANG DILAKUKAN UPT PUSKESMAS SURANADI

Posting oleh puskesmassuranadilobar - 25 Juli 2022 - Dilihat 90 kali

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini biasanya menyerang paru-paru, namun tidak jarang pula bakteri dapat memengaruhi bagian tubuh lainnya. Bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang organ tubuh selain paru-paru perlu dibedakan dengan TBC biasa. Pada tuberkulosis biasa, bakteri hanya menyerang paru.Sementara itu, ketika bakteri menyerang organ tubuh lain, seperti ginjal, tulang, sendi, kelenjar getah bening, atau selaput otak, kondisi tersebut dinamakan dengan tuberkulosis ekstra paru.Jika tidak ditangani dengan baik, penyakit TBC bisa berakibat fatal. Pengobatan penyakit ini biasanya membutuhkan waktu beberapa bulan untuk melawan infeksi dan mencegah risiko terjadinya resistensi antibiotik.

Melihat adanya bahaya tersebut maka dilakukan berbagai upaya dalam rangka mencegah penyebaran TBC. Salah satu upayanya adalah dengan Kegiatan Kontak serumah pasien TB di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Suranadi. Oleh karena itu pada hari ini Senin, 25 Juli 2022 sudah dilaksanakan Kontak serumah pasien TB di Dusun Salut Desa Selat. kegiatan yang dilaksanakan oleh Programer TB, Surveilans dan Kader kesehatan ini memiliki tujuan sebagai berikut :

  1. Pemeriksaan kontak serumah dan kontak erat pasien TB
  2. Pengawasan minum obat
  3. KIE tentang penyakit TB kepada keluarga

Sasaran dalam kegiatan ini adalah Keluarga pasien TB (kontak serumah) dan kontak erat pasien TB sebanyak 15 orang.

Diharapkan Keluarga memahami tentang penyakit TB dan bisa menerapkan anjuran yang diberikan oleh petugas kesehatan. Bersama UPT Puskesmas Suranadi kita bisa mencegah penyebaran TB.

Berikut foto dokumentasi dari kegiatan Kontak serumah pasien TB :


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *